Mas Sugeng's Blog

Hasil dari sebuah keisenganku

cilacap, tasikmalaya, singkawang, sampai palangkaraya

aku

foto: sendiri di sungai Kapuas

Dimimulai dari KPPN Tasikmalaya Oktober 2005. Tepat awal Ramadhan kami (aku dan tmnku Vina Eriyandi) berangkat dari Bandung menuju Tasikmalaya kira-kira jam 7 malem berangkat dari terminal Cicaheum naik bus Do’a Ibu. Jam 11 malem kami sampai di terminal Tasikmalaya sedikit lambat karena terjebak macet di Cileunyi berbarengan dengan orang-orang pulang kerja disana Untung masih ada bis ke salopa (rmh vina) mungkin kalo nggak ada kami bisa tidur di terminal dan mungkin saur juga di terminal Kami saur di rmh Vina Pagi-paginya kami berangkat ke KPPN Tasikmalaya Tasikmalaya….. Sebuah kota yang letaknya kira-kira 90 km dari rumahku Kotanya terasa sangat nyaman Sejuk, mungkin karena termasuk daerah pegunungan yang puncaknya berada di gunung galunggung yang pernah meletus tahun 1982 Aku disana kira-kira 1 tahun lamanya Disana statusku masih masih magang  Samapi dengan SK CPNS keluar setahun kemudian

Tiga minggu di Palembang Diklat Prajabatan Kami lulusan Prodip Cimahi berkumpul kembali di Kanwil Ditjen Perbendaharaan bandung untuk persiapan ke Palembang Kami kira-kira beranggotakan 15 orang termasuk aku dan vina berangkat dari bandung menuju bandara Sukarno-hatta naik Kereta Parahyangan Sesampainya di bandara dan dah menyelesaikan tetek mbengek di bandara akhirnya kami sudah berada di Pesawat Dag-dig-dug-der hatiku saat duduk pada kursi yg tersusun rapi di pesawat, maklum baru pertama kali mau naik pesawat. Kami sangat memperhatikan saat pramugari memperagakan pemakaian alat keselamatan jika terjadi pendaratan darurat. Palembang Jakarta di tempuh dengan waktu kurang lebih 1 jam Setelah pesawat benar-benar mendarat “Alhamdulillah” kami sampai juga di Palembang Kami nggak perlu naik taksi lagi untuk sampai ke tempat yang akan kami tuju Balai Dikalat Keuangan Palembang, temen dari KPPN Palembang menjemput kami dengan mobil kantor Banyak suka dan dukanya saat berada dibalai diklat keuangan palembang Kami banyak tmn krn dating dari instansi yg berdeda-beda Pajak, Bea Cukai, KPKNL dan Perbendaharaan. Tuan rumah (Alumni balai diklat keuangan Palembang) sangat baik seperti pada saat Rosululloh SAW di sambut kaum anshor di madinah. Kami diajak jalan-jalan keliling Palembang yg sangat indah . Itu kira-kira sebagian dari halhal yang sangat menyenangkan Disisi lain kami di sana kekurangan air jadi klo pas waktu mandi kami harus antri bahkan kami mandi di rumah-rumah penduduk Satu hari dua hari terasa menyenangkan selebihnya terasa membosankan juga kami pengen pulang. Sebelum pulang kami dapat SPPD sekitar 2 jutaan sebagai ganti biaya perjalanan dari bandung ke palembang Lumayan juga Setelah di palembang selama 3 minggu kami kembali lagi ke Tasikmalaya Ada sedikit yang mungkin belum diungkapkan saat kami jalan keliling palembang Berada di benteng melihat jembatan AMPERA Indah nian. Kami juga ke stadian kebanggan rakyak Palembang Jakabaring yang terkenal dengan kemegahannya. Kami makan empek-empek makanan khas yg uenaknya selangitititit Oh… palembang aku kan selalu mengenangmu di hatiku

Tidak di sangka-sangka sampai juga aku di Singkawang Tidak lama setelah diklat prajabatan ternyata masih ada perjalanan lagi yg kali ini mungkin terasa berbeda sangat tidak aku sukai sama sekali begitupun Vina temenku Sk mutasi itu membuat badan ini terasa lemes, tidak ada tenaga Aku ditempatkan di Singkawang, Vina di Plaihari tempat-tempat yang belum kami denger sebelumnya. Dan kami pun harus berpisah setelah 1 tahun bersama. Mungkin saya sedikit lebih beruntungdari Vina kerena aku dapet penempatan di Singkawang ber dua sama Tito Bramantyo Aji temenku satu kelas di prodip Cimahi Tp sayangnya aku harus berangkat tepat waktu karena tidak mendapat dispensasi dari kantor lamaku Aku berangkat pas idul adha sekaligus malam tahun baru 2007. Jadi aku tidak sempet lagi menikmati kedua malem yang mungkin menurut orang-orang malem yang istimewa. Tito tmnku mendapat dispensasi dari kantor lamanya karena ada kerjaan yg harus di selesaikan terlebih dulu Cilacap-Jakarta-Pontianak-Singkawang Di Pontianak aku ada tmn di Bea Cukai (Bibit Mardiantoro) Alhamdulillah dia yang menjemput aku dari bandara ke kota dan sempet mampir sebentar di tempat tinggal bibit di rumah dinas Bea Cukai untuk melanjutkan lagi ke singkawang dengan Taksi (travel di Pontianak disebut taksi) Setelah 3 jam naik taksi Pontianak_Singkawang Akhirnya sampai juga di KPPN Singkawang sekitar jam 8 malem gerimis pula Eh Alhamdulillah ada Mastrianto menjemput aku di depan KPPN tempat yg aku tuju di Singkawang. Aku numpang di rumah dinas Mastriyanto kurang lebih 2 bulanan sebelum aku dan Tito menempati rumah dinas yg Alhamdulillah masih tersisa. 1 bualan kemudian Tito baru datang di KPPN Singkawang karena dispensesai dari kantor lama di Bekasi Hari demi hari bulan demi bulan akhirnya sudah 1 tahun di Singkawang. Bulan Agustus 2007 ada peluang untuk kembali ke Jawa dengan ikut tes KPPN Percontohan tahap 3. Alhamdulillah aku dan Tito lulus. Menunggu penempatan baru yg katanya akan di tempatkan di Propinsi-propinsi. Termasuk 1 Propinsi di pulau Jawa (Serang). SK yang kami tunggu-tunggu itu keluar juga. Eh dasar masih takdirnya di pulau Kalimantan, aku dan tito Cuma di geser sedikit aja. Dari Kalimantan barat bergeser ke Kalimantan tengah, bedanya klo di Kalbar aku di kabupaten, sekarang di propinsi.17 Januari 2008 aku udah harus di temapt baru di KPPN Palangkaraya jadi aku di Singkawang genap 1 tahun dari tanggal 01 Januari 2007 s.d. 17 Januari 2008.

Di Palangkaraya lebih seru lagi Klo di KPPN Singkawang pegawai-pegawainya sudah banyak yang berkeluarga, di KPPN Palangkaraya sebagian besar belum berkeluarga. yah lebih gaul gitu…