Mas Sugeng's Blog

Hasil dari sebuah keisenganku

MELURUSKAN NIAT

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan sesungguhnya setiap orang mendapatkan sesuai apa yang diniatkan, barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan didapatkan atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari Muslim)

terkadang kita lupa atau melupakannya yang lebih parah lagi salah dalam berniat. niat yang salah adalah niat yang tidak ikhlas, tidak semata-mata karena Alloh SWT. seperti potongan hadist di atas dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia yang akan didapatkan atau wanita yang akan dinikahi maka hijrahnya sesuai dengan apa yang dia niatkan. banyak orang yang melakukan ibadah hanya untuk kepentingan dunia, pengen di puji seseorang, atau kepentingan-kepentingan lain yang niatnya tidak semata-mata karena Alloh SWT. misalnya, seseorang yang berinfak karena pengen namanya di kenang, ingin berhaji biar dipanggil haji, dan masih banyak contoh-contoh lainnya na’udzubillah min dzalik. saya selalu berdo’a kepada Alloh SWT untuk selalu meluruskan niat dalam beramal agar tidak tercampur oleh hal-hal semacam itu.

yang salah datangnya dr saya, yg bener datangnya dr Alloh SWT. sekali lagi maaf baru blajar.

17 Oktober 2009 - Posted by | Belajar Islam | ,

8 Komentar »

  1. ehm, iya jg ya kadang susah jg meluruskan niat. sperti artikel yg cuenk tulis, pernah lho aq pengen dianggep orang yg baik waktu PDKT sama se2orang yg aku taksir he..he..tapi gatot alias gagal total. skarang gantian, aq minta masukan dr cuenk.

    Komentar oleh savana | 27 Oktober 2009 | Balas

    • jika kita sudah ikhtiar dan berdoa kita tinggal bertawakal. gagal kan hal yang biasa kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. yang perlu di tekankan adalah ikhtiarnya harus sesuai dengan kaidah-kaidah agama (syar’i). ikhtiar yang syar’i adalah ikhtiar sesuai Alquran dan Assunah tentu saja ikhtiar yang di contohkan oleh Rosulullloh SAW. yang paling dari ikhtiar adalah niat dan tau ilmunya. kita harus meniatkan ikhtiar kita hanya kepada Alloh SWT sehingga akan menjadi nilai ibadah, walaupun ikhtiarnya batal tapi klo sudah diniatkan karena Alloh SWT insyaAlloh dicatat sebagai ibadah. kita juga harus tau ilmunya dulu semisal kita mau sholat niatnya sudah bener tapi kita tidak tau ilmunya bagaimana sih caranya sholat kan kurang afdhol. maaf klo salah bru belajar nih.

      Komentar oleh sugeng prayitno | 27 Oktober 2009 | Balas

  2. oh iya enk, kbtulan aq pnya saudara yg udah siap nikah. insya Allah sholihah. Waktu itu cuenk bilang lg nyari tmn curhat skaligus calon istri kan?

    Komentar oleh savana | 30 Oktober 2009 | Balas

    • Makasih savana. maaf bukanya ku menolak kebaikan kamu tp krn ada sesuatu hal saya tidak bisa. jangan marah ya?

      Komentar oleh sugeng prayitno | 30 Oktober 2009 | Balas

  3. Ga marah kok enk, santai aja. Lagian aq cuma kasih info. Kan setiap orang berhak memilih apa yg trbaik untuk dirinya sendiri.

    Komentar oleh savana | 31 Oktober 2009 | Balas

    • sekali lg makasih, memang cara ini yang lebih syar’i dari pada mencari akhwat dijalan, di mall apalagi ditempat hiburan dan insyaAlloh cara ini yang saya pakai

      Komentar oleh sugeng prayitno | 31 Oktober 2009 | Balas

  4. Maksudnya cara ini? Searching ‘akhwat’ by internet? ga da bedanya donk sama cowok2 yg lain he..he..bisa aja kan biodatanya dimanipulasi.

    Komentar oleh savana | 31 Oktober 2009 | Balas

    • cara ini maksudnya dikenalkan oleh orang tua, saudara, temen, atau guru.
      ya klo di internet sih sama aja dengan search di mall, di internet juga kebanyakan biodatanya nggak sesuai kenyataan. lihat saja di fb or fs

      Komentar oleh sugeng prayitno | 31 Oktober 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: