Mas Sugeng's Blog

Hasil dari sebuah keisenganku

Sholat Berjamaah Yuk..?!!

Ketika Fajar telah muncul di ufuk langit timur. Tatkala itu masjid-masjid di Palangkaraya sudah mengumandangkan adzan, dikala itu mata ini baru bisa dibuka dan segera ku ambil wudlu untuk memenuhi panggilan itu. Sekarang saya jarang bisa bangun di sepertiga malam terakhir nggak tau knapa, padahal dulu lumayan rajin. Tapi kalau sholat wajib berjamaah insyaAlloh saya belajar untuk selalu konsisten. Saya tak berani untuk meninggalkannya. Setelah wudlu saya bersiap-siap untuk menuju masjid Al-Muhajirin deket kontrakan. Kebetulan tenggang waktu antara adzan subuh dan iqomat di sini lumayan lama bisa sampai 30 menit lebih, biasanya diisi dengan bersholawat, jadi waktu itu bisa saya pakai untuk sholat qobla subuh yang pahalanya lebih mulia dari dunia dan isinya.

Jamaah sholat subuh biasanya tidak sebanyak jamaah sholat-sholat wajib yang lainnya. Mungkin karena waktu subuh merupakan waktu orang sedang nyenyak-nyenyaknya tidur, mungkin karena klo ke masjid merasa kedinginan di jalan atau mungkin juga mereka enggan bangun kepagian na’udzubillah nin dzalik. Padahal klo kita lihat lagi hadist-hadist soheh Rosululloh SAW, dari sirah-sirah Beliu SAW sangat-sangat dianjurkan sekali untuk selalu menjaga sholat wajib berjamaah di masjid.

Untuk sholat wajib lainnya sih tidak ada masalah, kayaknya masjid-masjid di sini lumayan penuh. Kalau saya biasanya sholat dzuhur dan ashar berjamaah di kantor. kebetulan jamaahnya banyak. Untuk sholat magrib, isya dan subuh di masjid Al-Muhajirin. Terkadang di masjid terdekat ketika dalam perjalanan di sekitar palangkaraya.

Sebelum saya datang ke kota ini (Palangkaraya) saya kira disini tidak ada masjid, tetapi Alhamdulillah perkiraan saya salah, ternyata di sini banyak masjid jadi tidak perlu khawatir untuk tidak sholat berjamaah di masjid. Masjid di sini selalu tepat waktu, ketika sudah masuk waktu sholat adzan-adzan langsung di kumandangkan. Saya malah lebih sulit sholat berjamaah di masjid kampung saya dari pada di sini. Di kampung saya biasanya klo kita mau sholat dhuhur dan ashar agak kesusahan. Di sana jarang sholat dhuhur dan ashar diadzani tepat pada waktu, bahkan terkadang tidak ada adzan sama sekali, karena nggak ada orang yang adzan kebanyakan waktu-waktu itu orang-orang di sana sedang berada di sawah atau di ladang. Semoga Alloh SWT cepat memberikan hidayah kepada mereka semua.

Pengalaman saya pribadi pertama kali membiasakan sholat perjamaah lumayan berat. Setelah tahu hukum-hukumnya dan mulai membiasakan untuk selalu istiqomah lama-lama terbiasa juga. Ada rasa kepuasan tersendiri. Bahkan ketika kita ketinggalan sholat berjamaah rasanya bener-bener menyesal banget. Rasanya seperti kita kehilangan sesuatu yang kita senengin. Silahkan boleh dicoba kan tidak ada ruginya sholat berjamaah? Klo nggak ke masjid kita juga nantinya kan sholat sendiri juga kan? Tapi perbedaanya sangat besar antara sholat sendiri dan sholat berjamaah di masjid. Kalau di bandingkan sholat sendiri 1 untuk sholat berjamaah di masji 27, dan masih banyak keutamaan yang lain. Mau pilih yang mana?

Do’aku agar kita selalu tetep bisa konsisten menjaga sholat berjamaah, istiqomah sampai akhir hayat nanti. amiin

25 Oktober 2009 - Posted by | Belajar Islam | ,

1 Komentar »

  1. semoga Istiqomah..

    Komentar oleh Udin Tarhim | 15 Februari 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: