Mas Sugeng's Blog

Hasil dari sebuah keisenganku

keadilan versi saya

Cara pandang saya terhadap keadilan adalah menilai sesuatu sesuai dengan haknya. jika besar haknya besar, jika kecil haknya kecil dan  jika sama haknya akan sama juga. keadilan tidak selalu berarti sama rata. sebagai contoh di tempat kerja ada pekerja dengan beban kerja alias Jobgrade yang menumpuk setinggi gunung tapi di sisi lain ada yang nggak punya kerjaan alias pengangguran terselubung, apakah adil jika keduanya mendapat gaji yang sama? contoh lain maling ayam dan maling uang negara alias koruptor dihukum dengan hukuman yang sama. apakah ini yang disebut adil? kalau menurut saya ini bukan yang dinamakan keadilan. tetapi keadilan seperti ini yang banyak diterapkan di Indonesia.

cara pandang atau persepsi seseorang terhadap keadilan memang tidak sama. terkadang menurut kita adil tetapi menurut orang lain belum tentu adil. bisa juga menurut orang lain sudah adil tetapi menurut kita tidak adil. jika kita merasa belum diberi keadilan oleh orang lain janganlah protes yang berlebihan apalagi memberontak. selesaikanlah dengan cara yang baik bisa dengan musyawarah, mengutarakan keberatan kepada yang bersangkutan  dengan cara yang sopan dan tidak menyinggung apalagi menyakiti perasaan yang bersangkutan. jika ingin mendapat keadilan dari orang lain anda juga harus berusaha selalu adil pada orang lain. apa yang kita berikan kepada orang lain biasanya akan kita terima juga dari orang lain.

jika kita seorang pemimpin berlaku adilah pada yang kita pimpin. jangan semena-mena, berusahalah mendengar masukan dari yang kita pimpin, jangan otoriter. walapaun kita sudah berusaha untuk adil mungkin orang lain menganggap kita belum memberikan keadilan maka dari itu kita harus berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan. jangan gegabah menilai seseorang sebaiknya diselidiki dulu,  dipelajari dulu, ditimbang-timbang dulu dan cari masukan-masukan dari orang lain agar keadilan itu bisa terwujud.

jika kita seorang bawahan atau anak buah cobalah menerima keputusan yang diberikan bos kepada kita. yakinlah bahwa bos sudah adil terhadap kita. kalau mau protes atau memberi masukan boleh aja asalkan dilakukan dengan cara yang baik dan sopan. terkadang kita susah menerima keputusan bos dan selalu merasa tidak mendapatkan keadilan. buanglah jauh-jauh perasaan itu. yang penting jalani keputusan itu dengan penuh tanggung jawab. jangan sampai karena perasaan itu kita menjadi malas bekerja, ingin memberontak, dendam, benci pada seseorang. yang terpenting adalah kita tetep semangat bekerja. suatu saat nanti pasti kita akan mendapatkan keadilan itu.

cayo semangat cuenk……!!!

29 Januari 2010 - Posted by | Diary-Ku

2 Komentar »

  1. Salam knal buat anda!
    Sukses slalu buat tulisannya.
    Jabat erat dari blogger baru!

    Komentar oleh WARTA OLAH RAGA | 30 Januari 2010 | Balas

  2. senang juga bisa knalan
    makasih, saya juga masih belajar
    Jabat erat dari blogger baru!

    Komentar oleh sugeng prayitno | 30 Januari 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: