Mas Sugeng's Blog

Hasil dari sebuah keisenganku

Dan insyaAllah ada banyak sekali manfaatnya mengganti kebiasaan yang tidak baik dengan kebiasaan yang baik

Kita perlu untuk melakukan sesuatu yang baik dan akan sangat lebih baik kalau kita membiasakannya. Dimulai dari membiasakan hal yang baik dari yang kecil dulu kemudian baru hal-hal yang besar. Misalnya sebelum melakukan sesuatu kita membaca bismillah, kelihatannya ini sepele tapi saya amati banyak orang yang menyepelekannya. Padahal kalo dilakukan tidak berat dan tidak memakan cukup banyak waktu tapi manfaatnya sangat besar sekali. Contoh yang lebih besar misalnya sholat berjamaah di masjid ini mungkin seharusnya menjadi kebiasaan umat islam, tetapi kok kayaknya banyak orang muslim yang membiasakan kebiasaan yang sebaliknya yaitu sholat di rumah dan tidak berjamaah.

Berat  memang  membiasakan sesuatu yang  yang baik. Ada aja halangannya seperti rasa malas, gengsi, lupa, lagi tanggung, nggak enak ma teman dan masih buanyak lagi hal-hal yang kurang mendukung lainnya. Kadang-kadang terlintas dipikiran “tidak apa-apa lah saya tidak melakukan hal yang baik kali ini saja”. Ini sering sekali saya rasakan sendiri sekali-kali tapi beberapa kali jadinya banyak juga.

Hal yang menjadi indikasi kita berhasil membiasakan hal yang baik adalah ketika tidak tidak melakukannya sekali saja rasanya ada seribu penyesalan dihati. Memang benar pepatah orang jawa bilang  “witing tresno jalaran soko kulino”  sesuatu hal kalau kita membiasakannya lama-lama kita akan mencintai hal tersebut.

Kita juga harus meninggalkan kebiasaan yang tidak baik. Pada prinsipnya sama berat memang menjalankannya ketika pertama kali. Tetapi lama-lama akan biasa juga meninggalkan kebiasaan yang tidak baik itu. Dan insyaAllah ada banyak sekali manfaatnya mengganti kebiasaan yang tidak baik dengan kebiasaan yang baik.

By cuenk86

Maaf kalo ada salah baru belajar.

1 Mei 2010 - Posted by | Belajar Menulis

3 Komentar »

  1. nice post , memang kita harus berubah menjadi orang yang lebih baik lagi.
    salam kenal dari http://darucreepy.wordpress.com

    Komentar oleh darucreepy | 1 Mei 2010 | Balas

  2. ketemu blog mantab lagi
    salam dari kalimantan tengah

    Komentar oleh Budisastro | 3 Mei 2010 | Balas

  3. Semoga kita semua bisa berubah menjadi lebih baik.🙂

    Komentar oleh Asop | 4 Mei 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: